Pages Menu
Categories Menu

Posted on Apr 8, 2019 in Buletin Teman Surga, Headline | 0 comments

Buletin Teman Surga 058. Prank…!

Buletin Teman Surga 058. Prank…!

buletin teman surga 058. Prank!Pinokio. Siapa yang ngga kenal dengan kisah dongeng si boneka kayu satu ini? Dongeng yang terkenal dengan cerita di mana ketika Pinokio berbohong maka hidungnya akan bertambah panjang. Sewaktu kita kecil mungkin orang tua pernah mendongeng kisah ini atau juga kita membaca sendiri buku cerita Pinokio ini, yakng pada akhirnya bikin kita jadi takut untuk berbohong karna ngga mau kalau nanti hidungnya bertambah panjang.

Padahal itu kan cuma dongeng ya, fiktif belaka. Ayoo, bisa ngebayangin ngga gimana kalau itu kejadian? Hii.. serem ya guys. Misal, kita bohong ke ortu kalau bakal pulang telat bilangnya ada kerja kelompok atau les padahal hang out sama temen-temen. Bohong bilang ngga ngerjain tugas karna ngurus ortu sakit padahal emang males ngerjain aja. Haduh, stop bohong deh.

Karna bohong bisa jadi candu loh, sekali ngebohong bisa lanjut ngebohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Capek banget yah hidup cuma untuk bohong  dan menutupi kebohongan. Belum lagi nanggung dosanya itu berat, kamu ngga akan kuat.

Sayangnya nih friends, bohong seolah sudah menjadi lumrah malah sudah jadi trend. istilah bohong jaman now disebut hoax yaitu berita atau informasi bohong yang dibuat seolah-olah benar adanya. Terlebih dikondisi saat ini di mana suhu perpolitikan sedang memanas hoax pun menyebar bak virus yang mudah menjalar. Nah, ada juga nih becandaan yang berbalut kebohongan yang sekarang ini juga lagi jadi trending. Yes, apa lagi kalau bukan prank. Kamu pernah nge-prank atau di-prank? Beresin baca buletin kece ini yah.

KLIK di SINI untuk mendapatkan buletin versi PDF-nya.

Becanda Out of Control

Beriringan dengan berkembangnya teknologi digital, kaum milenial semakin asyik dengan dunia maya, dunia yang berada dalam genggaman melalui telepon pintar. Youtube channel semakin dilirik untuk menyebarkan informasi. Vlogging/Video Blogging menjadi hobi dari semua kalangan untuk meng-update segala hal termasuk kegiatan dari para vlogger atau youtuber, malah melalui youtube ini seseorang bisa mendapatkan penghasilan semakin banyak subscriber maka semakin banyak pula pundi yang didapatkan.

Para youtuber harus beradu kreatifitas dan berinovasi dalam membuat konten yang bisa menarik banyak subscriber di channelnya. Meski hanya hitungan menit video yang diupload tapi jika kontennya menarik pasti banyak yang memfollownya. Sayang beribu sayang konten yang dianggap menarik justru yang berupa hiburan, bisa dibilang sesuatu yang ringan. Semisal, daily routine yang dilakukan artis idolanya sampai kepo-in isi rumahnya. Melalui youtube atau vlog juga jadi ajang para idola menjawab pertanyaan dari para netizen.

Nah, ada satu lagi konten yang saat ini jadi trending dikalangan para vlogger. Apalagi kalau bukan prank, candaan berbalut skenario yang menyertakan kebohongan, tipu-tipu yang bikin korbannya menjadi kaget, ketakutan, nangis-nangis, atau marah-marah. Nah, yang jadi korban biasanya nanti akan membalas prank-nya. Dari prank yang iseng-iseng aja sampai yang ekstrem atau berbahaya. Ngga sedikit lho friends prank yang awalnya buat seseruan, karna kejahilan yang kebangetan dari para pranker ini malah memakan korban jiwa.

Seperti yang terjadi pada seorang pemuda bernama Sandy yang berulang tahun ke-21 mendapat kejutan spesial dari teman-temannya. Seperti remaja pada umumnya, biasanya yang berulang tahun akan dikerjain dengan berbagai hal konyol. Sandy sendiri diikat teman-temannya di sebuah tiang listrik sambil disirami dengan air. Sayangnya, terjadi korsleting pada tiang listrik itu dan menyebabkan Sandy tersetrum. Teman-temannya gak sadar saat Sandy mengalami kejang dan mengira ia cuma bercanda. Setelah dilarikan ke rumah sakit, nyawa Sandy tetap gak tertolong dan akhirnya tewas.

Kalau berikut ini terjadi di luar negeri. Prank ini dilakukan empat orang pemuda asal Ohio. Dengan ide yang bertujuan untuk membuat bingung para pengendara yang lewat di jalan dekat rumah mereka, empat orang ini menutup rambu “Stop” yang ada di tepi jalan. Nahas, ulah usil mereka malah memakan korban tewas. Dua orang nenek yang masing-masing berusia 81 dan 85 tahun menjadi korban kekonyolan mereka. Mobil yang ditumpangi keduanya harus terperosok ke dalam jurang karena terus melaju di jalan yang berlubang. Alhasil, empat remaja itu dihukum empat tahun penjara.

Bersenda gurau/becandaan bisa jadi menjadi pilihan tepat dalam melepas kepenatan aktivitas atau rutinitas. Namun, jika senda gurau ini disertakan dengan tipuan atau kebohongan terlebih merugikan orang lain bahkan sampai memakan korban maka tentu senda gurau ini tidaklah patut untuk dilakukan.

Pertama, larangan berdusta/bohong saat bercanda. Rasulullah saw bersabda

“Celakalah bagi orang yang berbicara berdusta hanya karena ingin membuat orang tertawa. Celakalah dia, celakalah dia”. (HR. Ahmad).

Seorang muslim harus berkata benar dalam candaan sekalipun. Allah swt berfirman dalam Qur’an Surat Al Isra: 53

“Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia”.

Kedua, dari prank ini yang biasanya muncul dari korban adalah kepanikan atau ketakutan. Padahal Islam melarang seorang muslim menakut-nakuti orang lain walau bermaksud bercanda. Suatu hari seseorang menyembunyikan cambuk milik sahabat yang sedang tertidur. Pada saat terbangun, orang itu ketakutan karena merasa kehilangan cambuk.

Rasulullah saw bersabda “Tidak halal bagi seorang muslim membuat takut muslim yang lain”. (HR. Abu Dawud).

Ketiga, biasanya saat misi prank dirasa berhasil entah itu membuat korbannya ketakutan, panik atau menangis para pranker ini akan tertawa terbahak saat membuka skenarionya dan korban sadar bahwa dirinya dikerjai/dijahili. Sedasangkan Islam melarang kita untuk banyak tertawa atau tertawa sampai terpingkal-pingkal karna termasuk ke dalam akhlak tercela. Rasulullah saw, teladan tercinta kita mengingatkan

“Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati”. (HR. At Tirmidzi)

 

Candanya Rasul

Islam ngga segitunya kok friends, kita boleh kok bersenda gurau atau bercanda. Uswah kita saja Rasulullah saw sering mengajak istri dan para sahabatnya bercanda dam bersenda gurau. Tapi candaanya Rasul itu ngga berlebihan tetap ada batasan syara. Jangan sampai kita buat orang lain tertawa tapi kita malah menangis di akhirat kelak karena candaan kita yang melanggar aturan Islam.

Tertawanya Rasul ngga pernah sampai terbahak-bahak apalagi terpingkal-pingkal. Dituturkan oleh Aisyah Ra :  Aku belum pernah melihat Rasulullah saw tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan lidahnya, namun beliau hanya tersenyum”. Abu Hurairah ra menceritakan, para sahabat bertanya kepada Rasulullah saw : “Wahai, Rasulullah! Apakah engkau juga bersenda gurau bersama kami? “Rasulullah saw menjawab : “Betul, hanya saja aku selalu berkata benar.

Kisah candaan Rasulullah saw dengan seorang nenek. beliau berkata bahwa ada seorang nenek datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasûlullâh! Mintalah kepada Allâh Azza wa Jalla agar aku dimasukkan ke dalam surga.” Rasûlullâh saw bersabda, “Wahai Ummu Fulan! Sesungguhnya surga tidak dimasuki oleh nenek-nenek.” Mendengar ini, nenek itu pergi sambil menangis. Nabi saw bersabda kepada para Sahabatnya, “Kabarkan kepadanya bahwa dia tidak akan masuk surga dalam keadaan tua. sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman:

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya”. (TQS. Al Waqiah: 35-37)

Selain itu ada juga candaan Rasul dengan Ali. Suatu ketika, Rasulullah saw bersama para sahabat sedang berbuka puasa. Buah kurma terhidang di depan mereka. Setiap kali mereka makan kurma, biji-biji sisanya mereka sisihkan di tempatnya masing-masing. Beberapa saat kemudian, Ali menyadari bahwa dia memakan cukup banyak kurma. Jelas saja, biji-biji kurma yang ada di tempatnya menumpuk lebih banyak di bandingkan sahabat yang lain. Muncul keisengan Sahabat Ali. Diam-diam dia memindahkan biji kurma miliknya ke tempat biji kurma milik Rasul. Saat semua biji kurma sudah berpindah tempat, Ali menggoda Rasul. “Wahai Nabi tampaknya engkau begitu lapar. Sehingga makan kurma begitu banyak. Lihat biji kurma di tempatmu menumpuk begitu banyak.” Bukannya terkejut atau marah, sambil tersenyum Nabi membalas keisengan Ali. “Ali, tampaknya kamulah yang sangat lapar. Sehingga engkau makan berikut biji kurmanya. Lihatlah, tak ada biji tersisa di depanmu.” HR. Bukhari

Jadi, bercanda boleh-boleh aja TemanS asal ngga berlebihan dan tentu tidak mengandung kebohongan/tipuan. Sebagaimana Allah swt menyampaikan dalam firmanNya

“Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta”. (TQS. An Nahl: 105).

So, don’t ever lie ya guys. Emang TemanS ngga mau dijaminkan surga oleh kekasih Allah? Simak nih, Rasulullah saw menyampaikan dalam sabdanya

“Saya memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Saya memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dia bercanda. Saya memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang membaguskan akhlaknya”. (HR. Abu Dawud)[]

KLIK di SINI untuk mendapatkan buletin versi PDF-nya.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *