Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Mar 18, 2020 in Buletin Teman Surga, Headline | 0 comments

Buletin Teman Surga 105. Arsitektur Islam, Amazing Bukan Main!

Buletin Teman Surga 105. Arsitektur Islam, Amazing Bukan Main!

buletin teman surga 105. arsitektur islam amazing bukan mainTaj mahal, the Crowning Jewel (Mahkota permata) . Sebuah kompleks bangunan dan taman seluas 22,4 hektar yang dibangun pada tahun 1632 atas nama cinta Raja Shah Jahan atau Sultan Jehan kepada istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Di dalamnya terdapat air mancur, makam, dan juga kolam yang memanjang. Nggak heran kalo situs warisan dunia UNESCO menempatkannya sebagai satu dari Tujuh Kejaiban Dunia Baru.

Francois Bernier, seorang wisatawan Perancis populer, pernah berkata makam Taj Mahal harus diberi peringkat lebih tinggi daripada piramida Mesir soal keajaiban dunia. Menurut ahli arsitektur Islam, Taj Mahal memiliki begitu banyak keunggulan yang membuatnya masih berdiri menjadi saksi kekuatan arsitektur Islam di India. Mantul!

iklan buletin teman surga

Saksi Sejarah Ketinggian Peradaban Islam

Arsitekstur dalam Islam, tak sekedar seni memperindah bangunan bersejarah. Tapi lebih dari itu, bagian dari saksi bisu peradaban Islam yang sangat luhur dan tinggi. Cantiknya arsitektur Islam bisa disaksikan dari beberapa bangunan berikut yang hingga hari ini masih berdiri kokoh. 

Blue Mosque, Istanbul, Turki

Salah satu fitur paling menonjol dari cakrawala Istanbul adalah kubah yang menjulang tinggi dari kompleks Masjid Suleymaniye atau Blue Mosque. Masjid ini dibangun oleh Kaisar Ottoman Suleyman The Magnificent antara tahun 1550 dan 1557.

Masjid ini merupakan kompleks masjid terbesar dan paling mengesankan di Istanbul. Kompleks ini dirancang oleh arsitek utama Ottoman bernama Mimar Sinan. Di sekitar masjid itu terdapat rumah sakit, beberapa sekolah agama, deretan toko, makam, dan pemandian. 

Dome of The Rock, Yerusalem, Palestina

Monumen Islam tertua yang masih ada saat ini adalah Dome of The Rock alias Kubah Batu di Yerusalem. Masjid Kubah Batu didirikan di antara tahun 687-692 M oleh Khalifah Abdul Malik dari Bani Umayyah. Masjid ini dianggap sebagai bangunan berkubah yang pertama dalam peradaban Islam. Sebab, tradisi bangunan orang Arab sebelumnya memiliki atap yang rata/datar. Bangsa Arab waktu itu memang belum punya tradisi arsitektural secanggih peradaban Bizantium dan Persia. Setelah Khilafah Islam berkuasa di Palestina yang sebelumnya merupakan wilayah kekuasaan Bizantium, kaum Muslimin pun mengadopsi teknik dan seni arsitektur Bizantium. 

Benteng Aleppo, Suriah

Salah satu karya arsitektur paling mengesankan di Timur Tengah adalah benteng yang berdiri di atas bukit di tengah Kota Aleppo, Suriah. Ini merupakan contoh arsitektur militer Islam yang sangat mengesankan. Di bagian dalam terdapat tempat tinggal, toko, sumur, masjid, dan instalasi pertahanan militer. Semua yang diperlukan untuk bertahan di masa perang atau pengepungan. Bangunan ini memiliki dua gerbang yang menjulang yaitu disebut Gerbang Ular dan Gerbang Singa. 

Istana Alhambra, Granada, Spanyol

Alhambra adalah istana yang dibangun oleh seorang pangeran Dinasti Muslim Nasrid pada abad ke-14. Beberapa bagian dari istana telah dihancurkan. Saat ini, ada tiga bagian yang tersisa seperti sebuah benteng (al-Qasbah) di ujung barat bukit, sekelompok paviliun, dan taman yang dikenal sebagai Generalife. Semuanya didekorasi indah dengan ubin berwarna, bentuk geometris, kayu berukir, dan kaligrafi yang mengesankan. 

Si-yo-se-pol, Isfahan – Iran (1599-1602)

Kita beralih sejenak dari bangunan masjid atau istana. Kali ini arsitek Islam membangun sebuah jembatan dengan desain yang unik. Namun tetap memiliki cita rasa Islam yang sangat kental. Nama jembatan ini Si-yo-se-pol atau jembatan Allah Verdi Khan. Jembatan ini merupakan contoh dari desain jembatan Safavid yang sangat terkenal di abad ke-17 masehi. Jembatan Si-yo-se-pol memiliki 33 lengkungan yang dilintasi aliran Sungai Sayandeh.

Masih banyak bangunan bersejarah lainnya yang menjadi simbol ketinggian peradaban islam. Sebut saja Masjid Badshahi di Lahore – Pakistan (1671-1673), Masjid Besar Xi’an di China (742), Masjid Al-Azhar di Kairo – Mesir (972) atau Masjid Besar Djenne di Mali (1907).

iklan buletin teman surga

Ciri Khas Arsitektur Islam

Layaknya sebuah masterpiece, sebuah karya spektakuler punya ciri khas yang menjadikannya istimewa dan berbeda dari yang lain. Begitu juga dengan berbagai keindahan arsitektur Islam. Berikut beberapa ciri khas yang sering ditemui dalam arsitektur Islam.

Kebun

Selama berabad-abad, kebun dan air memainkan peran yang paling penting dalam budaya Islam, dan sering disebut sebagai taman surga. Taman Islam yang tradisional biasanya memiliki air dan tempat untuk berteduh. Hal ini dikarenakan Islam umumnya datang dan tersebar di iklim yang panas dan gersang. Kebun Islam dibuat untuk istirahat dan biasanya memiliki tempat duduk. 

Halaman (sehan)

Halaman biasanya ditemukan pada struktur bangunan biasa dan keagamaan. Pada rumah biasa, halaman biasanya memiliki tembok dengan jenis tanaman estetis, air, dan pencahayaan yang alami. Halaman pada rumah juga digunakan sebagai ruang pendingin dengan adanya air mancur dan sumber udara saat musim panas. Halaman di tembok dengan tujuan untuk melindungi wanita di dalam rumah agar mereka tidak perlu memakai hijab. 

Sehan

Sehan adalah halaman yang berada di dalam masjid yang memiliki arsitektur Islam. Halaman pada masjid memiliki struktur yang terbuka dan dikelilingi oleh struktur lainnya berupa aula atau ruangan lainnya. Pada sehan juga terdapat tempat untuk berwudhu, teras untuk beristirahat atau melakukan pertemuan lainnya. 

Kubah

Berdasarkan gaya kubah pada masa Bizantium, arsitektur Ottoman mengembangkan bentuk kubah sentral yang lebar dengan diameter besar yang didirikan di tengah-tengah bangunan. Bentuk kubah Hagia Sophia contohnya, bentuk kubah yang megah di pusat bangunan dengan struktur kubah dan tiang penyangga yang membentuk satu kesatuan struktur tunggal. 

Lengkungan runcing

Bentuk arsitektur lengkungan runcing sering digunakan pada arsitektur Islam. Desain interior pintu yang digunakan biasanya berukuran besar dan dekoratif. Pintu biasanya juga dihiasi dengan ukiran Islam dan warna-warna yang cerah. 

Muqarnas

Unsur arsitektur muqarnas merupakan ornamen yang dibuat pada kubah atau pada tempat lainnya. Muqarnas biasanya terbuat dari bahan yang berbeda-beda seperti batu, bata, kayu atau semen. 

Ornamen

Ornamen merupakan fitur yang paling penting dari arsitektur Islam. Pola-pola yang digunakan biasanya adalah pola-pola yang rumit, seperti motif geometris, motif floral, atau kaligrafi. Motif floral yang rumit melambangkan konsep tak terbatas yang membuktikan eksistensi Allah yang kekal. Dalam Islam tidak boleh (haram) menggunakan gambar-gambar makhluk hidup, baik itu manusia ataupun hewan.

Kaligrafi adalah bentuk yang paling dihormati dari seni Islam karena kaligrafi menghubungkan antara Bahasa umat Islam dengan agamanya. Isi dari Al-Quran menjadi sumber dari kaligrafi Islam. Ciri khas kaligrafi arab dibanding dengan seni menulis lainnya seperti kaligrafi Cina, menurut Ghani Alani, master kaligrafer kelahiran Irak, adalah mampu mencakup tiga jenis kaligrafi sekaligus, yakni; (1) piktografi, penggunaan gambar untuk melambangkan suatu kata atau frasa, seperti hieroglyph Mesir Kuno; (2) ideograf, tulisan berupa simbol-simbol yang melambangkan ide tertentu seperti huruf Kanji; dan (3) tulisan alfabetis (abjad) yang rangkaian simbolnya (huruf) bisa menggambarkan bunyi kata yang diucapkan. 

Minaret

Minaret adalah menara yang berbentuk persegi dan digunakan untuk mengumandangkan adzan pada masjid. Minaret diambil dari Bahasa Arab “nur” yang berarti cahaya. Minaret di Masjid Agung Kairouan di Tunisia dianggap sebagai minaret tertua di dunia. 

Mihrab

Mihrab merupakan tempat imam memimpin shalat yang mengarah ke Ka’bah di Mekkah.

iklan buletin teman surga

Ketinggian Peradaban Islam

Rasulullah saw bersabda,

“Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya.” [HR Ar-Rawiyani, Ad-Daruquthni, Al-Baihaqi)

Hadits di atas mengingatkan kita kalo agama Islam yang kita anut tak sekedar agama ritual belaka. Lebih dari itu, Islam merupakan keyakinan sekaligus aturan hidup bagi penganutnya. Islam punya aturan yang lengkap dalam hal makanan, minuman, pakaian, ibadah, bisnis, pendidikan, jual beli, hingga masalah ekonomi dan politik. Gak ada yang terlewat.

Begitu juga dalam arsitektur bangunan, Islam punya aturan yang khas. Bukan cuman bikin bangunan yang keren dan amazing bukan main. Arsitektur Islam dibalut oleh nilai ruhiyah sebagai wujud ketaatan pada Sang Pencipta. Karena itu, gak sembarangan bikin bangunannya. Inilah cerminan ketinggian peradaban Islam dalam setiap bangunannya yang indah nan megah.

Ketinggian peradaban Islam dalam seni arsitektur sesuai dengan predikat Umat Islam sebagai khoiru ummah alias umat terbaik yang menjadi teladan bagi umat manusia lainnya. Sebagaimana ditegaskan Allah swt dalam firman-Nya.

“Kalian (umat Islam) adalah umat yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran, dan beriman kepada Allah.” (Q.S. Ali-Imran [3]: 110).

Untuk itu, sudah selayaknya kita sebagai bagian dari umat terbaik ngerasa bangga dan percaya diri untuk menunjukkan identitas kita sebagai seorang muslim. Kebanggaan kita bukan untuk menzhalimi penganut agama lain. Tapi bangga dengan kesempurnaan aturan hidup Islam yang kita amalkan. Dan percaya diri untuk menyampaikan kebenaran Islam kepada orang lain untuk kebaikan seluruh manusia.

Jadi, nggak ada alasan bagi kita untuk bersedih hati bin baperan ketika ada yang nyinyirin aktifitas pengajian kita atau cuekin dakwah kita. Lanjut aja. Ingat, Allah SWT mengingatkan bahwa umat Islam paling tinggi derajatnya di antara umat-umat lain.

“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu orang-orang beriman” (Q.S. Ali-Imran [3]: 139).

Mari kita sama-sama mengenal Islam lebih dalam dan aktif berdakwah dalam keseharian. Sampai nanti sampai mati. Sebagai bentuk kebanggan kita pada kebenaran ajaran Islam dan ketinggian peradabannya yang pernah menguasai dunia. Sebagaimana diungkapkan oleh sejarawan barat, Jacques C. Reister, “Selama lima ratus tahun Islam menguasai dunia dengan kekuatannya, ilmu pengetahuan dan peradabannya yang tinggi.” Semuanya tercermin dalam keindahan bangunan-bangunan bersejarah Islam. Arsitektur Islam, amazing bukan main![]

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *